Gunung Kawi Sebatu

Gunung Kawi Sebatu

Ada salah satu tradisi di bali yang sampai sekarang belum ditinggalkan oleh masyarakatnya, yaitu memberishkan diri memakai air suci atau lebih dikenal dengan istilah “melukat”.

Ada beberapa tempat suci yang mungkin sudah pernah anda kunjungi untuk melukat, seperti Tirta Empul Tampak Siring. Akan tetapi sama halnya dengan tempat pelukatan di Tampak Siring, ada salah satu tempat untuk melukat yang tempatnya di Desa Sebatu Tegallalang, Gianyar, Bali.

Pura Sebatu

Pura Sebatu

Hal yang unik dari tempat ini adalah ketika anda melukat, air dari badan anda akan berwarna butih seperti air sabun ketika habis mandi. Penduduk setempat meyakini bahwa anda memiliki kotoran/penyakit baik medis maupun non medis.

 

Kerauhan

Kerauhan

Hal unik lainnya yaitu ada beberapa orang yang sedang melakukan pelukatan mengalami kerangsukan/kerauhan ditempat lokasi. Seperti melompat2, meniru gaya binatang dan lainya. apalagi saat bertepatan dengan upacara keagamaan hindu (tilem, purnama, kajengkliwon) semua orang dari berbagai kabupaten di Bali bahkan dari luar bali berbondong-bondong kesana. Dan yang mencengangkan, antrian pemedek sangat panjang sepanjang jalan turunan menuju pura tersebut.

Disamping dengan kejadian menarik serta unik tersebut, lokasi pelukatan pun sangat indah, dengan menuruni tebing yang curam, hawa yang sejuk serta panorama alam yang sangat menggoda, membawa pikiran anda semakin kusuk untuk melakukan yadnya.

Lokasi:

Lokasi

Lokasi

Desa sebatu,

About these ads