Kalau dalam artikel sebelumnya saya sudah berikan trik mengenai memasukan/insert sound dan gambar ke flash, maka kali ini saya akan memberikan trik bagaimana cara memasukan format video ke flash.

Saya akan memberikan beberapa alasan, mengapa mesti insert video ke flash.

  1. Flash kita akan terasa lebih lengkap, karena ada videonya,
  2. Flash kita akan terasa lebih menarik,
  3. video dalam flash bisa di load secara external, jadi flash tidak akan terasa berat.
  4. sesuai dengan kebutuhan anda, saya juga bingung mengapa mesti memberikan trik ini.. hehehe :D

Pertama-tama kita siapkan file videonya. (flash hanya suport file bertipe .flv) jika lain dari format tersebut maka flash akan secara otomatis merubah file video menjadi flv (flash video). Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi flash, dan buat dokumen baru > klik file > import > import video. pilih video yang akan di load ke flash, maka akan muncul jendela seperti berikut. Klik next saja.
  • Selanjutnya maka akan muncul layar devlopment, disana ada 4 pilihan, kita pilih yang paling atas saja (progressive download from a web server). klik next.
  • maka akan muncul layer encoding, pada layar ini kita bisa mengatur profil encoding (pilih medium saja), durasi waktu video yang akan di load, kalau sudah klik next.

  • Pada layar skinning, disini anda bisa atur jenis skin yang akan digunakan, kemudian next.

  • Kalau flash anda belum di simpan, maka akan ada permintaan untuk menyimpan file flash dan file video (sudah berupa flv), simpan kedua file tersebut dalam satu folder. Jangan dihapus file flv tersebut, karena flash me load secara external file flv tersebut.

Catatan * Pastikan komputer anda terinstal quick time karena dalam insert video, flash membutuhkan program tersebut.

About these ads