Aku pernah dan bahkan sangat SERING melihat post coment di Facebook atau wal-walan sama temen yang statusnya gEde KeCiL atau bahkan ada juga P4Ka3 4n6Ka, sangat menyebalkan dan ribet bacanya mungkin sama halnya dengan kasus pak susno duadji yang bikin uring-uringan denger kasusnya di TV atau kasus bank century yang bikin puyeng otak untuk memikirkannya. Kalau dipikirkan memang pusing, dari pada pusing mendingan kita kupas sama-sama APA sebenarnya kata Alay itu sendiri, kita kupas sama-sama di sini DIKUPAS TAJAM SETAJAM SILET (ini bukan tayangan infotemen ya).

So.. jadi Alay itu apa sih??? ini aku ada beberapa pendapat kawan-kawan mengenai kata Alay yang aku sempat kunjungi di tetangga sebelah.

Alay atau anak layangan adalah orang-orang kampung norak yang baru bisa berlagak jadi KOOL (bukan cool, tapi KOOL = KOalitas Orang Lowclass). Alay sering di identikkan dengan narsisme, kenorakan, dan ya… apapun yang buruk. Alay merupakan kanker yang perlahan membunuh negara Indomienesia dan merusak imagenya. Dalam ilmu sosiologi, dikenallah strata yang berarti tingkatan seseorang/kelompok dalam suatu komunitas dan alaylah yang menempati strata terbawah dalam negara Indonesia dan sampai kapanpun strata mereka tidak akan bertingkat bahkan bisa turun apabila ada golongan baru, seperti pelermu itu doy kalo ga pake kolor, mau diapain juga bolanya nggantung terus disana ga akan penah naik. Dan kalau ada golongan baru kamu itu seperti orang turun berok tidak pake kolor, uda turun tambah turun.

Alay itu murahan, maka kalian dapat menemukan alay dimana-mana kemanapun kalian berjalan di Indonesia, menjadi alaypun murah dan dapat instant dianggap keren, jadi dengan alasan itu alaypun juga seperti jamur karena tersebar dimana-mana asal ada hal yang mendukung, yaitu narsisme berlebihan, kenorakan, dan sedikit uang buat beli barang-barang fashyuunZ supaya bisa jadi KOOL.

sumber : kaskus

jadi dapat diambil simpulannya bahwa alay adalah singkatan dari anak layangan. pokonya anak anak nora pokonya. gayanya sok asik. tingkatan paling rendah dari strata remaja!!! lebih norak dari anak kampung ya kurang lebih gitu..

contoh ALAY :

sumber : myexternal

  1. Selalu ngerasa paling tahu tentang musik. Sok suka dengerin Bullet for My Valentine, tapi kalau Kangen Band manggung suka heboh sendiri .
  2. Tongkrongannya di pinggir pinggir jalan .Yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat .(Ga ada kerjaan memilih untuk merusuh biar gaoels)
  3. Kalo di mall selalu bawa headset buat dengerin lagu lewat handphone(baca no 1).
  4. Sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.
  5. Sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY.Contoh: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah,kacamata biru! NORAK !. Intinya berpakaian seperti pergi ke pesta kostum.
  6. Berhubung abegong baru kenal yang namanya kamera ,dimana-mana SELALU ada acara yg namanya ‘putu putu narziz’ .Entah itu di sekolah, WC, mobil, kamar, stasiun, angkot,dll.
  7. Fotonya dengan bermacam gaya, mulai dari gaya di imut imutin,dideketin lampu biar ‘terang banget’ (serasa foto di studio foto dengan flash lengkap),foto deket banget dari wajah (biar busuknya tidak terlihat, tapi jerawat segede duren jadi keliatan), suka putu-putu  dengan gaya bibir manyun kaya marmut,  foto dari atas (baca no 4).
  8. Nongkrongnya di friendster/Facebook .
  9. klo NU L I S :
    • iya : ia
    • kamu: kamuh, kammo, kamoh, kamuwh, kamyu, qamu, etc
    • aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
    • maaf: mu’uph,muphs,maav,etc
    • sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
    • add : ett,etths,aad,edd,etc
    • for : vo,fur(zz),pols,etc
    • lagi : agi,agy
    • makan: mums,mu’umhs,etc
    • lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc
    • siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
    • apa : uppu,apva,aps,etc
    • narsis: narciezt,narciest,etc

10. Berhubung abegong ini anak gaoels di Friendster/Facebook, kalau sedang ONLEND pengennya di comment-in orang-orang yang padahal setiap hari juga ketemu langsung .Untuk memberi tahu kedatangan mereka ,mereka pun membuat pengumuman-yang-sangat-tidak-penting dengan cara menulis di bulletin board a.k.a bulbo tidak jelas di Friendster/Facebook .

Wah pendapat yang mungkin bisa bikin pihak menjadi tersinggung, hehehe.. makanya aku cantumin sumber artikelnya yah itung2 biar gak kena kasus seperti yang di tipi ntu lah.

Aku mau tanya ne apakah kamu termasuk di 10 kriteria di atas?? kalau ia, jangan-jangan kamu sudah berada dalam komunitas pencinta kata alay tersebut yang sangat menyebalkan dan sedikit NORAK en(?) bikin orang pusing baca.

ini adalah beberapa pendapat kawan yang aku kutip mengenai kata ALAY tersebut.

sumber : indonesia.youthsays

Image_024_

yudistirad (Male, Jakarta) answered:

Alay = orang yang kelakuannya kampungan

Profpict

chalid-siregar (Male, South Tangerang) answered:

Menurut saya “alay” itu sebutan yang biasa diberikan bagi kaum urban yang mencoba untuk tampil hebat dan akhirnya malah terkesan kampungan yang berlebihan.

Alay bisa terlihat dari cara mereka berpakaian, berkomunikasi, hingga gaya mereka dalam keseharian yang …. yah begitulah….

Dan masih banyak lagi,

ehm ada ide nih gimana ya kalau buat disertasi mengenai kata Alay yang LEBAy ini???

Silahkan komentarnya gan!!!

Advertisements