Graphics Interchange Format(GIF) adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relati kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini. GIF berukuran kecil karena membatasi jumlah warnanya sebanyak 256 warna sehingga dapat menghemat ukuran berkas. novaraseno (2009).

Dalam membangun sebuah web animasi gif sangat sering digunakan untuk mempercantik halaman. Disamping ukuran filenya sangat kecil, file gif juga sangat mudah dipasang di halaman karena formatnya merupakan format gambar (sama halnya dengan JPEG).

Dalam proses pembuatan, animasi yang memiliki maksimal 256 warna ini sangat mudah dibuat melalui berbagai software, salah satunya adalah Macromedi/Adobe Flash.

cara pembuatanya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Aplikasi flash (ukuran stage terserah anda sesuai dengan kebutuhan)
  2. Buat animasi flash sederhana (usahakan buat animasi di scane utama /jangan membuat animasi masuk ke jendela edit in place)
  3. Setelah selesai membuat, maka sekarang adalah proses menyimpanannya dalam format gif. Caranya klik file>Export>Export Movie (ctrl+alt+shift+s)
  4. Simpan file tersebut, setelah itu maka akan muncul halaman konfirmasi seperti berikut, silahkan masukan nilai untuk mengatur ukuran file, Klik OK
  5. Selesai. Silahkan buka file gif anda. Semoga ada manfaatnya.
    Ini adalah salah satu animasi gif yang dibuat melalui program flash