Dalam bahasa pemrograman khususnya flash, elemen terpenting adalah pernyataan logika. Logika dalam pemrograman tidak terlepas dari pengambilan keputusan, operator logika dan pengulangan.

Dengan bahasa bebas if bisa diterjemahkan menjadi “jika…. Maka….” dengan kata lain, jika ada pernyataan if maka ada beberapa kemungkinan. Sebagai contoh, jika pesawat kena tembak maka game over.

Bentuk penulisan if dalam flash adalah sebagai berikut:

if ( kondisi ){blok pernyataan bila kondisi bernilai benar} else{

blok pernyataan bila kondisi bernilai salah

}

Perhatikan contoh penggunaan if berikut ini :

Permasalahan :gerakan sebuah bola kekanan kemudian setelah berada di batas kanan layar, maka bola bergerak kembali (memantul) ke kiri.

untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kita gambarkan dulu secara visual menjadi :

logika sederhana pemakaian if

Proses pembuatan aplikasinya adalah sebagai berikut :

  • Buatlah sebuah file baru dengan ukuran 800 x 600 pixel dan 12 fps. untuk mengatur properti file dapat melalui panel properties (sebelumnya pastikan dahulu tidak ada obyek yang terseleksi dan tool yang aktif adalah arrow tool.

documen properties

  • Buatlah sebuah obyek lingkaran dengan menggunakan oval tool.

Oval tool dalam flash

  • Seleksi obyek lingkaran tersebut kemudian convert menjadi symbol dengan menekan tombol F8 (pilih menu insert>convert to symbol). Pilih movieclip pada option behaviour dan ketikan bola pada name. Letakkan bola disebelah kanan stage
  • Klik movieclip bola kemudian buka panel action dan ketikan script berikut:

<br />
onClipEvent (load) {<br />
kecepatan = 10;<br />
bataskanan = 700;<br />
}<br />
onClipEvent (enterFrame) {<br />
_x += kecepatan;<br />
if (_x&gt;=bataskanan) {<br />
kecepatan = -kecepatan;<br />
}<br />
}<br />

  • Jalankan Movie, maka ketika bola telah pada kordinat yang ditentukan pada variabel batas kanan, bola akan terpantul.

Penjelasan program :

  1. baris onClipEvent (load) { merupakan sebuah perintah yang akan dijalankan satu kali saja, yaitu saat bola pertama kali di load oleh movie. Perintah tersebut sering kali digunakan sebagai alat untuk mengeset awal variabel-variabel yang akan dipakai.
  2. baris kecepatan = 10; dan bataskanan = 700; merupakan variabel yang akan dipakai. Kecepatan menentukan arah pergeseran kordinat x, karena bernilai positif, x akan bergeser ke kanan. Batas kanan digunakan sebagai pendeteksi apakah kondisi bola menyentuh batas kanan terjadi atau belum.
  3. baris onClipEvent (enterFrame){ berarti perintah yang berada dalam blok {} akan dijalankan secara berulang setiap seperduabelas detik secara terus menerus hingga movie ditutup.
  4. baris _x += kecepatan; berarti kordinat x dari bola akan ditambah sejumlah nilai dari variabel kecepatan.
  5. baris if (_x>=bataskanan){ berarti “jika kordinat x lebih besar atau sama dengan variabel bataskanan maka” perintah dalam blok {} akan dijalankan.
  6. baris kecepatan = -kecepatan; berarti apabila kondisi pada no 5 tercapai maka nilai kecepatan dijadikan negatif (menjadi –10), sehingga gerakan bola kekiri akibat script _x += kecepatan ( _x += -10 ).

Permasalahannya sekarang, bagaimana caranya seandainya bola memantul ke kiri dan ke kanan serta kembali lagi ke kiri???? ada yang tahu?. tunggu saja tutorial berikutnya😛