Menampilkan gambar dari flash caranya cukup mudah, yaitu hanya import gambar ke library maupun ke stage (ctrl +R). Tapi pernahkah anda perhatikan, jika gambar yang di load cukup banyak dan ukurannya besar, maka file flash akan terasa berat karena cukup banyak membebani resources komputer.

Maka dari itu untuk mengurangi beban saat me load file gamar, maka kita load eksternal file tersebut melalui perintah loadMovie.

  • Sebagai contoh, sekarang saya akan load file gambar tersebut dari luar, pertama siapkan file gambarnya (format jpeg, gif, png). Usahakan file gambar tidak melebihi ukuran stage yang akan di load.
  • buat file baru dengan ukuran stage bebas
  • Dengan menggunakan rectangle tool, buatlah sebuah kotak dan ubah menjadi simbol movie clip dengan nama pic. dan berikan instance name pic juga. Lihat gambar 1.

Gambar 1

  • Sekarang beralih ke frame1, masukan scrip berikut.
_root.pic.loadMovie("gambar1.png");

keterangan :

pic : adalah nama movie klip tempat menampilkan gambar

gambar1.png : adalah nama gambar yang akan di load.

  • Jalankan movie, maka gambar akan di load secara eksternal dari file swf.
  • catatan : Usahakan file gambar dan file flash berada pada satu folder. serta jika ingin memindahkan file flash, maka pindahkan pula gambar yang akan di load.

Semoga bermanfaat.