Apa Itu Paradigma?

Paradigma adalah pola pikir, cara pandang para ilmuan mengenai suatu disiplin ilmu serta apa saja yang mesti dipersoalkan, dipelajari, dan dipahami tentang ilmu tersebut.

Apa Itu Konsep?

Konsep adalah ide, gagasan, sketsa awal pemikiran manusia yang bersifat abstrak tentang suatu hal yang diperolehnya melalui pengalaman, proses belajar, dan pengetahuan awal serta memiliki unsur kebermaknaan.

Apa Itu Dalil?

Istilah dalil menurut pengertian bahasa mengandung beberapa makna, yakni: penunjuk, buku petunjuk, tanda atau alamat, daftar isi buku, bukti, dan saksi. Ringkasnya, dalil ialah penunjuk (petunjuk) kepada sesuatu, baik yang material (hissi) maupun yang non material.

Apa itu Teori?

Teori adalah seperangkat konsep/konstruk, defenisi dan proposisi yang berusaha menjelaskan hubungan sistimatis suatu fenomena, dengan cara memerinci hubungan sebabakibat yang terjadi. Teori merupakan gabungan dari beberapa konsep yang telah dipahami, dapat diterima dengan akal sehat melalui pengujian dan fakta empiris,dapat diterima di kehidupan yang nyata, teori bersifat sementara dan mesti diuji kebenarannya melalui penelitian lebih lanjut.

Download selengkapnya :

EKSPLORASI PEMIKIRAN TENTANG PARADIGMA, KONSEP, DALIL, DAN TEORI