Mengenal Adobe Flash

Perangkat lunak Adobe Flash yang selanjutnya disebut Flash,dulunya bernama”Macromedia Flash”, merupakan software multimedia unggulan yang dulunya dikembangkan oleh Macromedia, Tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe sistem. Sejak tahun 1996, Flash menjadi metodepopuler untuk menambahkan animasi dan interaktif website. Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi, hiburan, dan berbagai komponen web, diintegrasikan dengan video dalam halaman web sehingga dapat menjadi aplikasi multimedia yang kaya (Rich Internet Application).

Flash tidak hanya digunakan untuk aplikasi Web, tetapi   dikembangkan untuk membangun aplikasi desktop karena aplikasi flash selain dikompilasi menjadi format .swf, Flash juga dapat konfilasi menjadi format .exe.

Flash dapat digunakan untuk memanipulasi vektor dan citra raster, dan mendukung bidirectional streaming audio dan video. Flash juga berisi bahasa skrip yang diberi nama”ActionScript”. Beberapa produk software, system dan device dapat membuat dan menampilkan isi flash. Flash dijalankan dengan Adobe Flash Player yang dapat ditanam dalam browser, telepon seluler,atau software lain.

Format file Flash adalah SWF, biasanya disebut “ShockWaveFlash” movie. “Flash movie” atau “Flash game”, biasanya file berekstensi .swf dapat dijalankan melalui web, secara stand alone pada Flash player  atau dijalankan di windows secara langsung dengan membuatnya dalam format ekstensi .exe.

Riwayat Adobe Flash

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama ‘”FutureSplash”. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah Macromedia Flash8. Pada tanggal 3 Desember 2005, Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya sehingga nama”Macromedia Flash” berubah menjadi “AdobeFlash”.  Berikut riwayat perkembangan”Adobe Flash”:

  1. FutureSplash Animator (10 April 1996)
  2. Flash 1 (Desember 1996)
  3. Flash 2 (Juni 1997)
  4. Flash 3 (31 Mei 1998)
  5. Flash 4 (15 Juni 1999)
  6. Flash 5 (24 Agustus 2000) -ActionScript 1.0
  7. Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
  8. Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) -ActionScript 2.0
  9. Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
  10. Flash Basic8 (13 September 2005)
  11. Flash Professional 8 (13 September 2005)
  12. Flash Basic 9 & Flash Professional 9 (segeradiluncurkan)- ActionScript 3.0

Kepustakaan :  Sunyoto, S. 2010. Adobe Flash + XML. Andi. Yogyakarta.

Pengantar XML

XML kependekan dari eXtensible Markup Language, dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tapi merupakan turunan dari SGML yang telah dikembangkan pada awal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis proyek-proyek berskala besar. Ketika HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting pada SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan markup language yang tidak kalah hebatnya dengan SGML.  Ilmukomputer.com

Integrasi Flash + XML

Semenjak membaca buku karangan Sunyoto, S. (2010), dengan jugula Adobe Flash + XML, saya mendapatkan pemahaman baru bahwa flash bisa diintegrasiken ke dalam database XML. Dahlunya flash hanya bisa digunakan sekedar membuat animasi, seiring perkembangannya (adobe flash), flash bisa diintegrasikan dengan XML untuk membuat sebuah program yang lebih dinamis dan kaya akan fitur (Rich Multimedia Application).

Program yang dibuat me load database XML, sehingga program kita tidak hanya berjalan statis saja, akan tetapi lebih dinamis dengan isi yang dapat diperbaharui (up date) tanpa membuka file .FLA.

Trik ini sebenarnya hampir sama dengan trik saya sebelumnya, yaitu “me load file txt melalui flash”.  Ditunggu saja trik selanjutnya yaitu mengintegrasikan flash dan XML.