Salam hangat saudara-saudara dimana pun berada. Kali ini saya akan sedikit berbagi kepada kalian semua tentang trik flash yang sederhana, yaitu menghubungkan dua file swf atau lebih. Pengalaman saya saat mengajar animasi 2 dimensi, yaitu membuat CD interaktif, trik ini hampir sering digunakan. Dan tidak jarang siswa juga mengalami kesulitan dalam pemahaman ini.

Misalnya ada dua file yang akan kita hubungkan melalui tombol, sketsanya seperti berikut.

Misal, ada dua file yang bernama “file1.swf” dan “file2.swf”, kita akan menghubungkan kedua file tersebut dengan menekan tombol “ok” pada “file1”, maka kita masukan scrip sebagai berikut pada tombol “ok” pada “file1”, tentunya tombol tsb sudah dirubah ke dalam bentuk symbol >button.

on(release){
loadMovieNum("file2.swf",0);
}

 

Penjelasan scip di atas adalah “ketika tombol ditekan maka file induk (file1) akan digantikan dengan “file2”. Mengapa digantikan?? Ya karena kita menggunakan level “0”, kalau bukan “0” bagaimana? Nanti akan kita bahas….

Nah itu tadi kalau ingin me load movie melalui tombol, sedangkan kalau me load movie tanpa menggunakan tombol maka anda harus memasukan scrip berikut pada akhir animasi yang anda buat, atau akhir frame pada timeline.

loadMovieNum("file2.swf",0);

 

Demikian tadi sedikit penjelasannya, sekarang kita gunakan level lebih dari “0” misalnya “1,2,3,4,5,6 dst”. Level lebih dari “0” akan meload movie secara bertingkat, misalnya saya gambarkan sebagai berikut.

 

Begini permasalahannya saudara-saudara, ada dua file yaitu file A dengan beberapa tombol, dan file B. ketika kita tekan tombol merah, maka file file B muncul di file A yaitu di area putus-putus pada file A,

Dan tampilan filenya dapat digambarkan sebagai berikut.

Untuk mendapatkan hasil seperti itu, maka kita harus menggunakan level lebih dari “0”, misalnya “1”, maka masukan scrip sebagai berikut pada tombol merah.

on(release){
loadMovieNum("A.swf",1);
}

*catatan : Pastikan ukuran file B (yang berwarna merah) sama dengan ukuran area putus-putus pada file A.