Domain ketiga dalam teknologi pembelajaran ialah kawasan pemanfaatan. Pemanfatan adalah tindakan mengguakan metode dan model instruksional, bahan dan peralatan media untuk meningkatkan suasana pembelajaran. Adapun kawasan pemanfaatan menurut Seels & Richey (2000:46) dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan Media
  2. Divusi Inovasi
  3. Implementasi dan Institusionalisasi
  4. Kebijakan dan regulasi

Dalam perkembangan teknologi Pendidikan/pembelajaran sudah mengalami beberapa pergeseran paradigma. Revolusi tersebut dapat dikelompokan menjadi 3 (Beckwith, 1998), yaitu:

a)      Teknologi Masa Lampau.
b)      Teknologi Masa Sekarang, dan
c)      Teknologi Masa Depan.

Tantangan abad ini dan abad mendatang jelas semakin berat dengan tantangan dunia yang mengalami perubahan yang cepat. Dengan perubahan yang cepat itu pula  mau tidak mau pendidikan juga semakin cepat dengan cirri belajar secara cepat. Profesionalitas adalah salah satu pemecahan masalah tersebut. Menciptakan tenaga pendidik yang professional adalah tantangan dan eksistensi dari Teknologi Pendidikan/Pembelajaran. Professional bukanlah profesi yang mudah. Memerlukan banyak waktu seiring dengan perjalanan kehidupan seseorang. Penerapan ilmu teknologi pendidikan/pembelajaran bertujuan mempercepat terjadinya profesi tersebut, dan memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. ……………………………………………………………………………………………………………

Download