Trik Flash ” memberi password”

password salam…

kali ini kita akan kembali belajar Flash, akan tetapi sekarang lebih menekankan sedikit menggunakan variabel. Apa variabel tersebut??

variabel biasanya digunakan untuk menyimpan atau menampung data sementara agar data yang sudah didefinisikan dapat diproses lebih lanjut. Variabel  mempunyai nilai yang selalu berubah-ubah tergantung pada datanya. Nilai dalam suatu variabel dibagi dalam beberapa tipe data. ada 4 macam tipe data di flash, yaitu Number (angka), String (karakter/teks), Boolen (True/False), dan Objek.

Fyuh…. maaf ya sedikit ilmiah, hehe ya biar sama-sama ngerti lah, yah gak usa ribet dulu.. langsung aja ke trik nya yuk😉

Okeh pada trik ini kita akan membuat sebuah login, (ya kaya-kaya situs Facebook, atau daftar apa gitu), yang fungsinya memeriksa variabel yang kita masukan nanti. jika benar maka situs atau flash akan melanjutkannya dan jika salah maka akan ada perintah atau peringatan yang muncul.. jangan bingung… santai saja🙂

mulai ajah!!!

  1. buka flash, buatlah dua buah teks dengan tipe input text dengan nama variabel : nama dan password. kemudian buat satu lagi dengan tipe Dynamic Text dengan variabel : pesan.
  2. Buatlah satu buah tombol yang sebagai login nya.1
  3. Kemudian pilih tombol dengan menekan F9, dan masukan script berikut2

on (release) {
if (nama == “flash” & password == “permanen”) {
gotoAndStop(10);
} else {
pesan = “”+nama+”, nama dan pasword anda salah”;
}
}

4. klik frame 1 dan berikan action stop, insert blank key frame pada frame 10 dan tuliskan teks “Anda Berhasil”

sekarang silahkan tekan ctrl+enter

dan masukan nama dan password sesuai dengan yang ada di script!!

selesai!!!

*catatan si budi : untuk menampilkan pasword dengan mode bintang (tidak bisa dibaca apa yang di ketik/*****) rubah dulu tipe teks var: password dengan tipe line text : Single Line menjadi Password.

jika ada yang kurang jelas silahkan isi coment di bawah sini!!! atau mau liat hasilnya silahkan klik

download

komentar

7 thoughts on “Trik Flash ” memberi password””

  1. keren mass

  2. mas,,
    mao tany akalo input nama n pass nya lebih dari satu,,
    gmana script nya mas??

    makasih.

    • Vidi Al Imami said:

      Nih caranya :
      instance name u/ kolom passwordnya diksh nama : isian100_txt
      instance name u/ tombol log in dksh nama : cek100_btn
      instance name u/ kolom komentarnya dksh nama : alert100_txt

      Next, masukin script ni :

      var kunci100:Array = new Array();
      kunci100[0] = “lupa”;
      kunci100[1] = “Lupa”;
      kunci100[2] = “LUPA”;
      //
      onEnterFrame = function () {
      if (isian100_txt.text == “”) {
      cek100_btn.enabled = false;
      } else {
      cek100_btn.enabled = true;
      cek100_btn._alpha = 100;
      }
      };
      cek100_btn.onRelease = function() {
      for (var xnum:Number = 0; xnum<kunci100.length; xnum++) {
      trace(kunci100[xnum]);
      if (isian100_txt.text == kunci100[xnum]) {
      nextFrame();
      break;
      } else {
      alert100_txt.text = "Oops, salah…!!!";
      }
      }
      }

      Ket : kunci100[0], kunci100[1], dan kunci100[2] merupakan password yang ente mau, bisa di ubah sesuka hati ente…
      good luck.. ^_^
      Add me on : https://www.facebook.com/vidi.doank.98

  3. kok nggak berhasil??

  4. mas brow mau tanya ni…
    bisangak hasil project macromedia di edit..
    saya punya cd interaktif buatan temen, mau di edit biar kayak punya sendiri..

  5. om klo mau buat input text jika input textnya belum diidi gak mau lanjut ke frame berikutnya gmna om? jadi kayak password gitu, jika belum diidi ato password salah kan gak mau lanjut ke frame berikutnya…

  6. kalo udah keluar , matikan kmoptr kok ada yg log in fb langsung keluar milik ane tanpa log in dgn password kenapa ya? gmana setting biar bgt dah keluar ada yg pk komptr meh log in harus password dl? thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s